Saturday, March 7, 2009

Mengenali gejala kanker pada wanita dan kiat-kiat pencegahannya

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan saat ini. Pria, wanita, tua , muda , kaya dan miskin dapat menderita penyakit berbahaya ini. Penyakit kanker seringkali tidak nampak gejalanya, kecuali sudah berada pada tahap (stadium) lanjut. Oleh karena itu, banyak orang yang menderita penyakit kanker sangat sulit disembuhkan. Penyakit kanker ada bermacam-macam dan kadang-kadang tidak menunjukkan tanda atau gejala yang berarti. Jenis penyakit kanker yang sering menyerang kaum wanita biasanya disebut kanker rahim (kanker ovarium) dan kanker payudara. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, maka berikut ini ada beberapa tanda atau gejala yang mungkin timbul.
  • Rasa mual, pusing dan berkunang-kunang. Gejala ini sering dirasakan pada saat kondisi sudah mulai parah. Hal ini diakibatkan oleh penurunan hemoglobin darah (Hb rendah). Wajah tampak pucat pasi dan kekuningan.
  • Berat badan mulai menyusut. Meskipun nafsu makan cukup baik, tetapi tidak nampak kenaikan berat badan yang berarti. Bahkan badan mulai kurus, lesu dan mudah lelah.
  • Tanda-tanda kanker payudara, yaitu adanya satu atau beberapa benjolan yang tidak sakit di sekitar ketiak dan payudara. Di sekitar puting berwarna kemerahan dan puting melekuk kedalam. Ada cairan yang tidak wajar keluar dari puting. Kulit payudara berkerut atau bengkak. Pada tahap yang parah, puting mulai mengeluarkan nanah dan darah.
  • Pada kanker ovarium terdapat gejala atau tanda-tanda seperti bagian perut, pinggang, dan panggul terasa nyeri . Nyeri yang terasa bisa sampai ke bagian kaki. Cairan yang keluar dari kemaluan berbau menyengat. Sering mengalami pendarahan berlebihan ketika haid (menstruasi). Jadwal menstruasi/ haid yang tidak teratur.
  • Luka yang tidak kunjung sembuh dan bahkan bertambah parah dapat merupakan tanda-tanda adanya sel kanker.
Kanker dapat berupa tumor atau cairan yang bersifat ganas. Tumor atau pembengkakan adalah massa jaringan yang tidak normal. Jenis tumor yang jinak hanya bertambah besar dan bertambah banyak di lokasi tempat asalnya tumbuh. Tumor jinak yang membesar akan mendesak organ tubuh lainnya. Sedangkan kanker adalah tumor ganas yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan mampu menyerang jaringan lainnya. Pada tahap metastase, maka keganasan sel-sel kanker menggerogoti organ-organ yang diserangnya. Kanker mampu merobah sel-sel normal menjadi ganas.

Tumor yang berbentuk benda padat kemungkinan masih bisa diangkat melalui operasi (pembedahan). Selanjutnya terapi lain diperlukan untuk melemahkan sel-sel kanker. Kemoterapi dan radiasi hanya efektif dilakukan bila sel-sel kanker belum bermutasi ke jaringan lainnya (metastase). Untuk jenis kanker lainnya dapat menggunakan terapi dengan minum obat-obatan khusus.


10 cara mencegah penyakit kanker:
  1. Jangan melakukan pernikahan atau berhubungan sex pada usia sangat dini (dibawah 16 tahun).
  2. Jangan berganti-ganti pasangan karena cenderung merugikan kaum wanita dari segi fisik dan psikis.
  3. Jangan lupa melakukan pemeriksaan secara berkala terutama bila Anda berada pada usia 20 tahun ke atas, oleh karena banyaknya ditemukan kasus kanker payudara atau kanker ovarium/ kanker rahim pada usia muda. Pap smear dan periksa darah CA 125 ataupun biopsi (mammogram) untuk mendeteksi dan menemukan gejala penyakit lebih dini. Hal ini terutama dianjurkan bagi wanita yang mempunyai riwayat kanker di dalam anggota keluarganya, terutama dari garis ibu.
  4. Hindari pemakaian alat spiral (IUD) dalam jangka waktu yang lama karena dapat menimbulkan flek dan iritasi pada mulut rahim. Rahim yang luka akan mudah diserang virus. Penggunaan pil KB dan hormon juga dianggap dapat memicu pertumbuhan kista (sejenis tumor).
  5. Cegah pola makan yang kurang bergizi, makanan yang mengandung pengawet dan bahan-bahan kimia, serta konsumsi makanan rendah serat karena dapat mengganggu pertumbuhan sel-sel normal.
  6. Hindari stress berkepanjangan yang dapat memicu perubahan hormon dan berbahaya bagi keseimbangan mental. Memperlemah daya tahan tubuh dalam melawan bibit penyakit dan virus.
  7. Hindari merokok dan minuman beralkohol yang akan membuat "dehidrasi" organ-organ vital pada tubuh.
  8. Jangan mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen yang tidak terkontrol karena dapat menyebabkan iritasi pada beberapa alat vital tubuh seperti, lambung, lever, ginjal dan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat menimbulkan kerusakan jaringan.
  9. Hindari polusi udara dan terik matahari yang berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Sedapat mungkin hindari berlama-lama berada di luar rumah tanpa perlindungan apapun.
  10. Jangan mengenakan pakaian dalam yang ketat dan lembab. Hal ini menyebabkan iritasi pada kulit, menghambat sirkulasi darah dan merusak ph alami organ kemaluan. Kuman dan bakteri mudah tumbuh pada daerah yang lembab dan kurang bersih.


No comments:

Post a Comment